Selamat datang di Wesite resmi Desa Ngrendeng Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi

Artikel

BARITAN SEDEKAH BUMI DUSUN NGRENDENG, SINE NGAWI

18 Agustus 2022 23:54:11  Administrator  149 Kali Dibaca  Berita Desa

ngrendeng.desa.id - Pada Kamis (18/8) warga Dusun Ngrendeng, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi adakan acara Sedekah Bumi atau lazim disebut Baritan, bertempat di perempatan jalan Dusun Ngrendeng. 

 

Acara yang digelar pada Kamis malam setelah sholat isya' tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Ngrendeng, Joko Susanto, Sekdes, Kasi Pelayanan, Kepala Dusun, Ketua RT, Tokoh lintas agama dan masyarakat Dusun Ngrendeng. 

 

Sedekah Bumi rutin dilakukan setiap tahun pada bulan Asyuro atau bulan Suro (bahasa Jawa) untuk melestarikan kearifan lokal yang sudah berlangsung secara turun temurun sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat dan rejeki kepada warga Dusun Ngrendeng khususnya rejeki dari hasil bumi. 

 

Serangkaian acara dimulai dari sambutan oleh Kades Ngrendeng dilanjut membaca Surat Yasin dan Tahlilan oleh Kasi Pelayanan, kemudian ikrar selamatan adat Jawa oleh mbah modin sepuh dilanjutkan dengan do'a bersama. 

 

Warga Dusun Ngrendeng sangat antusias berbondong-bondong menghadiri acara sedekah bumi atau baritan dan setiap orang membawa bermacam-macam aneka sedekahan seperti nasi tumpeng, buah-buahan dll. 

 

Dengan rasa syukur dan sedekah bumi ini warga Dusun Ngrendeng berharap Allah SWT. menambah limpahan rahmat, rejeki dan dijauhkan dari segala bala, wabah penyakit dan bencana berupa apapun sehingga menjadikan warga Desa Ngrendeng yang ayem, tentrem, makmur, gemah ripah loh jinawi kerto toto raharjo, baldatun toyyibatun wa robbun ghofur. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Pemerintah Desa

 Statistik

 Arsip Artikel

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Ngrambe-Jamus No 5 Ngrendeng Sine
Desa : Ngrendeng
Kecamatan : Sine
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63264
Telepon :
Email : ngrendeng04@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:33
    Kemarin:10
    Total Pengunjung:8.180
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.188.152.136
    Browser:Mozilla 5.0